×

L O A D I N G

Toba Samosir

Kota Toba Samosir, Sumatera Utara, memang menjadi ikon wisata yang wajib didatangi oleh para traveller. Kalau masih bingung, simak dulu kegiatan apa saja yang bisa kamu habiskan selama 2 hari di Toba Samosir.

Setelah mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, kamu bisa memulai petualanganmu dengan mempelajari beragam kebudayaan suku Batak. Pertama-tama kamu bisa mengunjungi TB Silalahi Center untuk mempelajari kebudayaan Suku Batak, lalu berlanjut ke Huta Siallagan yang terletak di daerah Ambarita, kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara. Huta dalam Bahasa batak berarti Kampung dan Siallagan diambil dari nama Raja Siallagan yang membangun kampung tersebut dan memimpinnya.

Biaya masuk ke daerah Huta Siallagan cukup dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000 dan kamu akan disambut dengan deretan rumah bolon atau rumah adat Batak. Di bagian depan rumahnya, terdapat beberapa ornament khas seperti jaga dompak (topeng dengan ekspresi menakutkan), singa-singa (patung kepala singa), patung cecak dan lambang payudara.

Keesokan harinya, kamu bisa melanjutkan ke Makam Raja Sidabutar yang berusia 460 tahun. Raja Sidabutar dipercaya sebagai orang pertama yang menginjakan kaki di pulau Samosir. Di sana, kamu akan bisa mendengar kisah Raja Sidabutar yang sakti dan melihat makamnya dari dekat dan makam para keturunannya. Namun, jangan lupa kenakan Ulos sebelum memasuki makam Raja Sidabutar, karena jika melanggar, konon Raja Sidabutar akan menghampirimu di dalam mimpi.

Kamu juga bisa menghampiri Museum Huta Bolon Simanindo yang merupakan rumah adat warisan Raja Sidauruk

Setelah wisata budaya, kini saatnya menikmati keindahan alam Pulau Samosir, dimulai dari Pasir Putih Parbaba lalu berlanjut menaiki kapal dan berakhir di Air Terjun Situmurun. Jika dilihat sekilas, air terjun Situmurun mirip dengan air terjun yang ada di film "King Kong". Dan air terjun ini mengalir langsung ke Danau Toba.

Berikut daftar kegiatan yang bisa kamu habiskan di Kota Toba Samosir. Semoga bisa menambah referensi kamu saat mau berkunjung.


Lokasi



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat