×

L O A D I N G

8 GAME LOKAL KARYA ANAK BANGSA, TEMBUS JUTAAN UNDUHAN!

Menyambut HUT ke-79 RI, tentu menjadi kesempatan bagi kita untuk menjajal kembali beberapa game lokal karya anak bangsa. Terlebih lagi, belum lama ini kita merayakan Hari Game Indonesia pada 8 Agustus 2024 kemarin.

Sebagai bentuk kebanggaan, kita sebagai anak bangsa sepatutnya mendukung produk buatan lokal, termasuk dalam game. Bagi kamu yang mungkin belum tahu, yuk simak daftar game lokal karya anak bangsa yang tembus jutaan unduhan berikut ini.

1. Paw Rumble: Grinsmile Studio, Surabaya


Kurang dari 1 tahun sejak rilis, Paw Rumble merupakan salah satu game lokal yang sudah diunduh hingga 2 juta kali melalui iOS dan Android. Tak hanya di Indonesia, bahkan juga tersebar hingga wilayah India dan Pakistan.

Paw Rumble menampilkan game 2D pixel online multiplayer dengan genre casual-arcade. Bisa dimainkan hingga empat orang, game ini memiliki target bagi pemain untuk merebut trophy dari lawan dengan cara menginjak.

2. Lokapala: Anantarupa Studios, Jakarta


Lokapala adalah salah satu jenis game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dirilis tahun 2020. Game besutan Anantarupa Studios ini telah diunduh lebih dari 4 juta kali, bahkan menjadi game lokal pertama yang dipertandingkan di kancah esports nasional pada PON 2024 dan Piala Presiden 2021-2023.

Menampilkan detail budaya indonesia dalam permainannya, Lokapala misi utamanya adalah mempertahankan Ancient atau area tim dari serangan lawan, dan menghancurkan Ancient musuh.

3. Epic Conquest 2: Gaco Games, Surakarta


Game lokal karya anak bangsa selanjutnya ada Epic Conquest 2, yang pecah rekor capai lebih dari 10 juta unduhan, lho! Game dengan tipe RPG ini membawamu berpetualang di berbagai lokasi dan menghadapi pertarungan yang menegangkan dengan banyak monster. Lebih menariknya lagi, kamu tidak perlu internet untuk memainkannya.

4. Marbel TK PAUD: Educa Studio, Salatiga


Game ini dirancang untuk membantu anak-anak dalam belajar. Seperti kita tahu, saat ini pendidikan tak lepas dari teknologi. Marbel TK PAUD dibuat untuk anak berusia 2-8 tahun. Kalau dalam game-nya yaitu menyajikan pembelajaran anak usia dini, seperti alfabet, angka, warna, bentuk, dan masih banyak lagi. Selain meraup jutaan pengguna, game ini memenangkan penghargaan seperti IncreFEST dan INTEL ROCKSTAR PRO.

5. Selera Nusantara: Gambir Studio, Sleman


Datang lagi, game lokal dengan lebih dari 10 juta unduhan, Selera Nusantara, yang dirilis tahun 2021. Penuh keunikan, mereka menampilkan sosok koki bernama Siska yang sedang menyajikan makanan khas Indonesia dalam permainannya. Fun fact-nya, game Indie ini menyandang gelar Google Play Indonesia’s Best of 2021.

6. Warteg Gelora: Megaxus Infotech, Jakarta


Masih dengan game lokal tentang khas makanan Indonesia, Warteg Gelora merupakan simulasi restoran yang mengasah manajemen waktu sekaligus memperkenalkan budaya lokal. Menariknya, game ini tidak hanya populer di Indonesia, tapi juga wilayah Malaysia, Vietnam, dan Iraq dengan pemain yang berusia kisaran 21-27 tahun.

7. Where is My Cat: SLAB Games, Bali


Where is My Cat? Merupakan game kombinasi antara hidden object dan escape room yang memancing intuisi pemain. Jadi kamu harus menyelamatkan seekor kucing kecil dengan berbagai rintangan. Dibekali grafis yang menawan dan dapat dimainkan secara offline, kerennya game ini yaitu memenangkan The 10 Best Games of 2021 by Storm Publishing.

8. Dadoo: Algorocks, Malang 


Dadoo masuk ke dalam daftar game lokal karya anak bangsa terbaik. Game ini menggabungkan permainan ular tangga dan kartu, dengan pengalaman bermain yang mengandalkan strategi. Meski baru dirilis pada Februari 2024, namun game Dadoo ini cukup diminati dengan ratusan ribu unduhan.

Itulah deretan game lokal terbaik yang telah mencapai jutaan unduhan. Yuk, mari kita ramaikan game-game karya anak bangsa!

Dapatkan info seputar game & esports di channel DensPlay!



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat