×

L O A D I N G

5 GAME DENGAN USIA SINGKAT, TERPAKSA TUTUP SERVER

Dalam dunia game yang terus berkembang, namun ternyata ada beberapa game yang usianya sangat singkat hingga terpaksa tutup server. Ada yang berusia 6 bulan, bahkan ada pula game yang hanya bertahan selama 8 hari saja.

Keputusan untuk menutup server tidaklah mudah bagi para pengembang game itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti jumlah pemain yang rendah, masalah teknis, atau kegagalan dalam marketing. Berikut ini daftar game yang berusia singkat, hingga terpaksa tutup server.

1. Concord (2024)


Baru saja dirilis pada 23 Agustus 2024 kemarin, namun akhirnya terpaksa tutup server pada 6 September 2024. Hanya bertahan singkat selama 14 hari, tentu ada beberapa alasan mengapa Sony Interactive Entertainment membuat keputusan itu.

Faktor utamanya adalah marketing yang tidak maksimal dan visualnya yang kurang berinovasi. Jadi, banyak pemain yang menganggap ini hanyalah game shooter biasa tanpa keunikan.

2. The Day Before (2023)


Game yang berusia singkat dan tutup server selanjutnya ada The Day Before yang rilis pada 7 Desember 2023, dan ditutup pada 22 Januari 2024. Padahal game besutan Fntastic ini sebenarnya menarik. Mereka menyuguhkan jenis game multiplayer open world dengan tema zombie survival.

Alasan mengapa game ini gagal di pasaran begitu kontroversial. Pihak developer dituduh melakukan scamming dan plagiasi dari game lain. Mereka juga dikritik lantaran menggunakan jasa relawan daripada pekerja yang dibayar.

3. Rumbleverse (2022)


Hanya bertahan singkat selama 6 bulan, Rumbleverse yang dirilis pada 11 Agustus 2022 akhirnya tutup server pada 28 Februari 2023. Sebelumnya game ini cukup populer, mereka menghadirkan game battle royale yang berorientasi pada pertarungan jarak dekat yang seru.

Namun faktor yang membuat game ini tak lagi di pasaran adalah kurangnya jumlah pemain yang bertahan, dan banyak pula dari pemain yang memberi kritik tentang grafik Rumbleverse, yang katanya mirip dengan game Fornite: Battle Royale. Konsep dan inovasinya menarik, sayang eksekusinya tidak maksimal.

4. The Culling II (2018)


Game yang usianya paling singkat jatuh pada The Culling II, yang rilis di tanggal 10 Juli 2018 dan ditarik dari pasaran pada 18 Juli 2018. Game yang bertahan hanya 8 hari ini merupakan sekuel dari The Culling (2017) yang sebenarnya cukup populer.

Penyebab game ini tutup server adalah karena kalah popularitas dari 2 game terkenal seperti Fortnite: Battle Royale (2017) dan PUBG: Battlegrounds (2018). Karena itulah, para pemain kurang tertarik dengan The Culling II, apalagi banyak yang mengatakan bahwa visualnya terlalu mirip dengan PUBG.

5. Radical Heights (2018)


Radical Heights adalah game terakhir dari developer Boss Key Productions yang tutup server karena bangkrut. Game dengan usia singkat ini dirilis pada 10 April 2018 dan ditutup pada 8 Juli 2018. Sebelumnya, pihak pengembang membuat Radical Heights tampil berbeda dengan menyuguhkan latar tahun 80-an.

Sayangnya, tampilan unik itu tidak begitu menarik perhatian pemain baru. Bahkan Boss Key Productions ikut ‘tenggelam’ bersama beberapa game buatannya seperti LawBreakers dan Radical Height ini. Namun melansir dari beberapa sumber, sepertinya developer ini akan comeback dengan terobosan baru lagi.

Dapatkan info seputar game & esports di channel DensPlay!



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat