×

L O A D I N G

BUDI GUNAWAN TERPILIH SEBAGAI KETUM PB ESI 2024-2029

Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan S.H., M.Si. PH D. terpilih kembali sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) untuk periode 2024 - 2029. Pemilihan ini berlangsung secara aklamasi pada Musornas-I (Musyawarah Olahraga Nasional) yang diadakan pada 5-6 Oktober 2024 di Hotel InterContinental, Jakarta Selatan. Budi Gunawan dinilai berhasil dalam memimpin kepengurusan PB ESI 2020-2024.

Di bawah kepemimpinannya, ekosistem esports Indonesia telah berkembang pesat, termasuk masuknya esports dalam UU No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, menjadi cabang olahraga ekshibisi pada PON Papua 2021, dan sebagai cabang resmi pada PON Aceh-Sumut 2024. Selain itu, Indonesia juga mendapatkan pengakuan dari organisasi esports dunia, seperti International Esports Federation (IESF), Global Esports Federation (GEG), dan Asia Esports Federation (AESF).

Peserta Musornas-I yang berasal dari 34 provinsi mengapresiasi prestasi yang telah dicapai dan optimis bahwa perkembangan esports akan terus berlanjut, terutama dengan potensi penyelenggaraan olimpiade khusus esports di masa mendatang.

“Prestasi dan perkembangan esports Indonesia terus menanjak pada periode 2020-2024. Apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus PB ESI 2020-2024 dan seluruh ekosistem esports Indonesia, termasuk atlet-atlet dan pelatih Tim Nasional Indonesia yang berkontribusi dalam memajukan prestasi Indonesia di kancah dunia,” tutur Budi Gunawan.

Tidak hanya itu, kepemimpinan Budi Gunawan selama menjabat sukses meningkatkan pembinaan atlet Esports Indonesia, seperti menggelar Akademi Esports di tingkat SD hingga Perguruan Tinggi bersama Akademi Garudaku, kegiatan pembinaan untuk Pelatih dan Wasit Esports, serta memberikan dukungan kepada atlet berprestasi melalui Program CPNS dari Pemerintah melalui Kemenpora.

Selain itu, prestasi timnas esports Indonesia juga meningkat, dengan meraih berbagai penghargaan, termasuk juara umum di SEA Games Kamboja 2023, menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia IESF 2022 hingga meraih Juara Umum, dan meraih dua emas, tiga perak, dan satu perunggu pada SEA Games 2021 Vietnam.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, mengapresiasi pencapaian dalam membangun ekosistem esports Indonesia serta prestasi timnas esports Indonesia di bawah kepengurusan PB ESI Periode periode 2020-2024.

“Kami berharap, pengembangan dan prestasi esports terus berlanjut dan bahkan berkibar lebih tinggi di masa kepengurusan PB ESI Periode 2024-2029,” kata Dito.

Dapatkan info seputar game & esports di channel DensPlay!



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat