×

L O A D I N G

Mikael Jasin, Barista Indonesia yang Raih Juara World Barista Championship 2024

Selamat kepada Mikael Jasin, Barista asal Indonesia yang berhasil meraih juara World Barista Championship (WBC) 2024 yang digelar di BEXCO, Busan, Korea Selatan. Ajang kompetisi kopi bergengsi itu telah dilaksanakan sejak tanggal 1 hingga 4 Mei 2024.

Mikael Jasin turut mengharumkan nama bangsa setelah berhasil mengalahkan 53 peserta yang berasal dari 50 negara yang ikut dalam kompetisi tersebut. Mikael Jasin berhasil memukau para juri dengan kemampuannya meracik dua jenis kopi spesial yang disajikan dan diberi nama Aji espresso dan Gesha.

Kopi Aji espresso yang diracik oleh Mikael Jasin saat kompetisi tersebut berasal dari biji kopi varietas lokal Ethiopia yang diinokulasi dengan ragi dan ditanam di Finca El Diviso di Hulla, Kolombia. Keistimewaannya, kopi Aji espresso menyatukan tiga jenis susu, yaitu susu murni, susu mete, dan susu gandum yang diuapkan hingga konsentrasi tercapai 80 persen. Lalu disempurnakan dengan rasa jus lemon, infus aromatik palo santo, sirup vanila palo santo, dan biji kakao Indonesia yang disajikan dalam suhu 50 derajat celsius. Suhu tersebut bisa menciptakan rasa baru seperti melon, semangka, sage dan kue black forest.

Sedangkan Gesha adalah racikan biji kopi yang diproduksi di Finca Deborah, Volcan, Panama. Untuk kopi jenis ini, Mikael jasin menggunakan proses penyeduhan dengan rasio penyeduhan 2,5:1 dan menghasilkan aroma melati, bunga jeruk, madu, dan kismis.

Sebelum sampai ke tahap ini, Mikael Jasin sempat melewati perjalanan yang cukup panjang. World Barista Championship 2024 bukan merupakan ajang kompetisi pertama baginya. Sebelumnya, Mikael Jasin juga pernah mengikuti WBC 2019 yang digelar di Boston dan berhasil meraih peringkat ke-4. Dalam ajang yang sama di Milan pada tahun 2021, Mikael Jasin kembali ikut dan meraih peringkat ke-7. Serta pada tahun 2019 dan 2020, Mikael Jasin juga berhasil menjuarai Kejuaraan Barista Indonesia.

Mikael Jasin sudah mulai menekuni dunia kopi sejak tahun 2012. Ia pertama kali menjadi barista saat sedang menempuh pendidikan Psychology, Screen and Cultural Studies di University of Melbourne, Australia. Kemudian ia melanjutkan pendidikan S2 nya di RMIT University, Melbourne, Australia dan selama berkuliah Mikael Jasin juga sambil menekuni dunia kopi dengan menjadi Head Barista di kafe terkenal di Melbourne, yaitu Operator25 dan Middletown Cafe.

Saat itu, Mikael Jasin juga sudah mengikuti beberapa kompetisi kopi bergengsi seperti Australian Southern Region Coffee in Good Spirits Championship dan Fujian Coffee Competition. Setelah lulus S2, Mikael Jasin kembali ke Indonesia dan sempat bekerja sebagai Coffee Quality & Marketing Manager di Common Grounds Coffee Roasters.

Pada tahun 2020, Mikael Jasin mendirikan So So Good (SSG) Coffee Company, perusahaan di bidang kopi yang berfokus menyediakan pengembangan kafe, pelatihan barista, hingga konsultasi kafe. SSG Coffee Company yang didirikan oleh Mikael Jasin juga menyediakan berbagai produk seperti biji kopi, kaus, hingga perlengkapan kafe.

Lalu, pada tahun 2021 Mikael Jasin mendirikan perusahaan kopi yang berfokus mengimpor dan mengekspor kopi dari petani lokal bernama Catur Coffee Company. Selain itu, Mikael Jasin juga mendirikan kafe bernama Omakafe di BSD, Tangerang.

Tungguin acara baru seputar kopi dari Dens.TV yang segera tayang di Dens Food Channel!




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat