×

L O A D I N G

Perbedaan Teknik Grilling dan Broiling dalam Memanggang Daging

Perbedaan teknik grilling dan broiling sebagai dua teknik dalam memanggang daging. Memanggang daging pada dasarnya bisa dilakukan dengan teknik yang berbeda-beda. Dua teknik yang sering digunakan adalah teknik grilling dan broiling. Keduanya merupakan teknik yang sama-sama melibatkan panas tinggi dalam memanggang. Namun, dibalik kesamaannya, terdapat perbedaan yang signifikan pada cara bekerja dan hasil panggangan yang dihasilkan antara teknik grilling dan broiling. Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak perbedaan antara teknik grilling dan broiling dalam memanggang daging!

Teknik Grilling


Teknik grilling merupakan teknik memanggang daging yang melibatkan pemanasan di atas alat panggangan seperti grill pan yang diletakkan langsung di atas sumber panas, biasanya api arang. Suhu tinggi yang diberikan teknik grilling berasal langsung dari api membakar bagian luar daging sehingga menghasilkan aroma smokey yang kuat. Teknik grilling melibatkan pemindahan panas langsung dari sumber panas ke makanan yang diletakkan di atasnya. Suhu yang tinggi pada teknik grilling membuat daging matang dengan cepat dan membentuk lapisan renyah di luar daging.

Teknik grilling sering dilakukan di luar ruangan menggunakan alat bebakaran berupa kompor dan alat pemanggang berbentuk jaring-jaring khusus. Selain di luar ruangan, teknik grilling juga bisa dilakukan di dalam ruangan dengan menggunakan grill listrik atau lainnya. Memanggang dengan grill listrik bisa dijadikan pilihan karena mudah digunakan, dapat dibawa kemana-mana dan dapat dilakukan dengan cepat dan merata. Penggunaan grill listrik juga dianggap lebih aman karena tidak menggunakan api serta lebih fleksibel.

Adapun manfaat teknik grilling yaitu untuk mengurangi kadar lemak di dalam daging. Hal ini terjadi karena proses memanggang akan membuat lemak pada daging mencair dan menetes ke bara api sehingga akan menghasilkan makanan yang lebih sehat.

Teknik Broiling


Berbeda dengan teknik grilling, teknik broiling merupakan teknik memanggang daging dengan suhu tinggi yang sumber panasnya berasal dari atas dan dipaparkan langsung ke makanan menggunakan broiler. Broiler adalah sebuah elemen yang terdapat dalam oven yang menghasilkan suhu panas tinggi seperti panggangan. Letak broiler biasanya ada di dalam bagian atas oven bentuknya seperti gulungan.

Sumber panas dari broiler akan membuat bagian atas daging memiliki tekstur renyah dari hasil bakaran. Teknik broiling membuat daging perlu dimasak dalam suhu sangat tinggi. Suhu yang digunakan untuk memanggang dengan teknik broiling mulai dari 260°C hingga 287°C. Memanggang daging dengan teknik broiling juga dapat membuat daging cepat matang dan merubah warna daging menjadi kecokelatan.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan daging tipis saat memanggang daging dengan teknik broiling. Sebab, daging akan matang dengan cepat, membuat daging tipis dan mudah gosong.

Setelah mengetahui perbedaan teknik grilling dan broiling, yuk cari tahu bagaimana teknik lain dalam memanggang daging, salah satunya dengan cara pan seared yang bisa kamu saksikan di ”Meat and Great : Meat Trucker (Part 2)”.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat