×

L O A D I N G

Sunset di Kebun Raya Cibodas Berikan Pesan Cintai Lingkungan

Kebun Raya menggelar Sunset di Kebun sebagai sebuah program pertunjukan musik yang bersifat intimate show dengan pesan mencintai lingkungan. Kali ini, Sunset di Kebun telah diselenggarakan di Kebun Raya Cibodas pada tanggal 29 dan 30 Juni 2024.

Meski diguyur hujan pada hari pertama, sorak sorai penonton tetap terasa menghiasi hingga sepanjang acara. Berbagai pengisi acara seperti Idgitaf, Fourtwnty, The Adams dan Adhitya Sofyan tampil memukau di hadapan ribuan penonton. Ditambah suasana syahdu ketika gemericik hujan mulai turun, konsep intimate music show yang diusung semakin terasa. Memberikan pengalaman menarik menonton konser musik lebih dekat dengan deretan musisi sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Berbeda dengan hari pertamanya, pagelaran Sunset di Kebun Raya Cibodas hari kedua tampak cerah hingga akhir acara. Ribuan penonton terlihat ceria sambil bernyanyi bersama para pengisi acara. Di hari keduanya, Sunset di Kebun menampilkan deretan musisi ternama seperti Nadin Amizah, Kunto Aji, Float hingga Kahitna.

Kehadiran Sunset di Kebun Raya Cibodas ini menyusul kesuksesan Sunset di Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Bali yang telah diselenggarakan pada bulan Maret, April dan Mei 2024 lalu.

Selain pertunjukan musik, ada beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang sesuai dengan sub program dari Sunset di Kebun yakni Natura, Culture, Conservation dan Lesstari.

Pertama, ada program baru bernama Natura. Natura merupakan sebuah program yang mengajak penonton untuk lebih meng-explore area hijau. Program ini mengajak penonton untuk menjelajahi ruang hijau yang menawarkan tempat baru untuk bermain dan belajar di alam terbuka. Program Natura pada Sunset di Kebun Raya Cibodas terdiri dari kegiatan merangkai bunga (flower bouquet), merakit, pot coloring, live painting, kelas edukasi kokedama dan singing plants experience. Kegiatan Natura dimulai sejak pukul 10.30 hingga 14.45 WIB.

Kedua, Culture yaitu sisi kebudayaan yang ingin diangkat pada pelaksanaan Sunset di Kebun adalah dengan mempertahankan kearifan budaya lokal baik melalui musik ataupun tarian yang ada dengan cara beradaptasi dan bertahan dari banyaknya gempuran modernisasi yang kian berkembang. Sunset di Kebun bekerjasama dengan sanggar kesenian lokal pada setiap pelaksanaannya.

Ketiga, program Conservation adalah konservasi sebagai salah satu dari lima fungsi Kebun Raya yang menjadi inisiasi awal dari penyelenggaraan Sunset di Kebun untuk menyuarakan pentingnya konservasi. Kebun Raya bukan hanya tempat rekreasi, tetapi juga ekosistem yang harus dijaga. Setiap pelaksanaan Sunset di Kebun memperkenalkan "plant heroes" seperti tanaman Nepenthes, yang tidak hanya mempercantik taman tetapi juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekologi.

Terakhir, ada program Lesstari, diambil dari kata sifat Less yang berarti mengurangi dan Lestari yang artinya keberlanjutan. Lesstari merupakan sebuah program keberlanjutan yang menekankan pada prinsip mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan demi menjaga kelangsungan hidup. Melalui program Lesstari Sunset di Kebun mengajak penonton untuk meminimalkan dampak negatif, salah satunya dampak negatif dari sampah terhadap lingkungan.

Tunggu dan saksikan keseruan Dens.TV di acara Sunset di Kebun yang akan tayang di DensShowBiz.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat