×

L O A D I N G

Kolaborasi Miwa Pattern x Sri Asih Hadirkan Koleksi Batik Bertajuk Adhikarin

Desainer Mira Hoeng lewat lini busananya Miwa Pattern, secara resmi meluncurkan hasil kolaborasi jenama miliknya bersama Sri Asih melalui Jagat Sinema Bumilangit pada 3 Juli 2024 di Pendopo, Living World, Alam Sutera. Kolaborasi Miwa Pattern dengan Sri Asih merilis motif batik spesial karya Mira Hoeng yang diberi nama Adhikarin. Sri Asih di sini menggambarkan salah satu karakter superhero perempuan yang pernah diadaptasi oleh Jagat Sinema Bumilangit pada tahun 2022 lalu.

“Motif Adhikarin terinspirasi dari batik Jawa Barat yang digunakan oleh Sri Asih pada jaman komik. Sri Asih adalah seorang superhero perempuan yang kerap melawan kejahatan. Disamping itu ia tetap tampak sangat anggun menggunakan pakaian tradisional lengkap dengan aksesorisnya yang melambangkan wanita Jawa yang memiliki kekuatan. Ini yang membuat saya terinspirasi sekali dimana saya ingin membuat traditional things in modern terms”. ujar Mira Hoeng selaku Founder & CEO of Miwa Pattern.

Menyambut pahlawan super perempuan di Indonesia, Mira Hoeng terinspirasi dari nilai-nilai mulia yang dimiliki karakter Sri Asih, yang kemudian tertuang menjadi motif spesial Adhikarin dari Miwa Pattern x Sri Asih. Koleksi Adhikarin ini memiliki 3 varian warna, di antaranya Miwa x Sri Asih Brown/ Pink, Miwa x Sri Asih Purple dan Miwa x Sri Asih Blue.

“Motif dari Adhikarin ini sebetulnya ada 3 warna, diantaranya ada warna-warna yang kombinasinya lebih unik seperti biru, pink, neon, cokelat dan ungu. Motif batik tapi warnanya lebih ceria. Ada juga yang warnanya lebih ke biru, supaya bisa digunakan oleh para pria juga.”

Mira Hoeng menjelaskan bahwa koleksinya tetap berfokus pada baju-baju modern kasual, namun menggunakan motif batik Jawa Barat dari Sri Asih. Koleksi Adhikarin juga mencakup motif khusus untuk pria, dengan semua proses bordir dilakukan secara manual menggunakan tangan tanpa menggunakan mesin.

Mira Hoeng mengungkapkan bahwa di balik pembuatan motif batik Sri Asih juga terdapat filosofi yang menghubungkan Sri Asih dengan Dewi Sri, Dewi padi dalam agama Hindu yang melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan.

Setiap motif dari Miwa Pattern juga biasanya menyertakan doa. Dalam motif Adhikarin kali ini, harapannya adalah dapat mewarisi nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Sri Asih dan RA Kosasih, untuk semakin memperkuat peran dan karya perempuan Indonesia.

Cari tahu informasi seputar fashion dan inspirasi seputar outfit lainnya di DensLife&Style.


Lokasi



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat