×

L O A D I N G

Desain Seragam Olimpiade Paris 2024 dari Berbagai Negara!

Sebentar lagi, pertandingan olahraga paling bergengsi di dunia akan segera dimulai. Atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga seluruh dunia akan berkumpul untuk bersaing memperebutkan medali Olimpiade Paris 2024. Selain aksi dan pertandingan para atlet di lapangan, penampilan seragam olahraga atau jersey dari berbagai negara di dunia juga menjadi sorotan menarik. Jelang acara yang dijadwalkan pada 26 Juli mendatang, masing-masing negara mulai memperkenalkan seragam kontingen mereka. Simak desain jersey pada Olimpiade Paris 2024 dari berbagai negara!

Indonesia


Kontingen Indonesia telah memperkenalkan jersey Merah Putih sebagai seragam resmi untuk Olimpiade Paris 2024. Sesuai namanya, jersey ini menggunakan warna utama merah dan putih, yang merupakan warna bendera negara Indonesia. Dirancang oleh desainer ternama, Didit Hediprasetyo, jersey ini mengambil inspirasi dari lagu patriotik bertajuk "Berkibarlah Benderaku" ciptaan Ibu Sud. Desainnya simple tapi elegan, menciptakan aksen bendera merah putih yang khas.

Gradasi merah yang berubah menjadi lebih gelap menyerupai gerakan kibaran bendera, menghadirkan sebuah desain yang sesuai dengan inspirasi lagunya. Menggunakan seragam dari merek Li-Ning, satu set pakaian olahraga ini termasuk t-shirt, short pants, track pants, jersey playing kit, hingga seragam upacara pembukaan dan penerimaan medali.

Baca Juga : Jersey Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Karya Didit Hediprasetyo

Amerika Serikat


Desainer kondang, Ralph Lauren kembali dipercaya untuk merancang seragam tim Amerika Serikat di ajang Olimpiade Paris 2024. Ini adalah kali kesembilan Lauren dipercaya sebagai desainer seragam tim AS sejak tahun 2008 silam. Untuk Olimpiade Paris 2024, desainer yang berbasis di New York ini tetap mengusung gaya khas Amerika dengan warna merah dan biru navy. Seragamnya mencakup berbagai item pakaian untuk acara pembukaan, penutupan, termasuk sejumlah agenda selama periode Olimpiade berlangsung.

Seragam untuk upacara pembukaan mencakup celana jeans yang dipadukan dengan blazer wol berwarna biru navy dengan kancing ganda. Terdapat hiasan berupa list warna putih dan merah, serta logo Ralph Lauren di dada sebelah kiri. Di dalamnya, menggunakan kemeja Oxford bergaris biru tua dan putih. Sementara untuk acara penutupan, mereka akan tampil dengan jaket bergaya moto putih dengan detail warna merah, putih, dan biru, dipadukan dengan celana jeans putih. Selain itu, atlet-atlet juga akan mengenakan koleksi khusus Villagewear yang mencakup pakaian klasik Ralph Lauren seperti jaket, sweater, kemeja rugby, knitwear, dan kaus polo.

Kanada


Kanada berkolaborasi dengan pemasok pakaian olahraga para bintang, Lululemon, untuk mendesain seragam Olimpiade Paris 2024. Desainnya menampilkan cetakan khusus yang menggambarkan motif asli dan budaya Kanada. Koleksi seragam ini terdiri dari jaket bomber jacquard merah dan putih, set pendek dan kemeja yang serasi termasuk crop top berwarna merah cerah.

Dalam proses pembuatannya, Lululemon melibatkan sebanyak 19 atlet Olimpiade dan Paralimpiade Kanada yang mewakili 14 cabang olahraga yang berbeda. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan wawasan tentang kebutuhan fisik dan mental para atlet selama olimpiade dalam merancang pakaian mereka. Selain itu, seragam upacara pembukaan kontingen Kanada dirancang agar dapat menyesuaikan dengan cuaca, terutama untuk acara di luar ruangan. Setiap pakaian dilengkapi dengan ponco hujan yang praktis, bisa dilipat dan disimpan dalam kantong saat tidak digunakan.

Australia


Kontingen Australia menggunakan tema warna zamrud untuk seragam Olimpiade Paris 2024. Menggunakan seragam dari produsen pakaian olahraga asal Jepang, Asics, menampilkan karya seni yang dibuat oleh petinju Paul Fleming dan penduduk asli Selat Torres, David Bosun. Desain Fleming, yang disebut sebagai Walking Together, merupakan bentuk penghormatan terhadap cara Olimpiade menyatukan orang-orang dari berbagai negara, latar belakang, dan budaya. Serta sentuhan karya seni dari David Bosun yang menampilkan unsur-unsur gaya hidup tradisional dan modern di Kepulauan Selat Torres.

Seragam tersebut juga menampilkan pola panah tradisional Jepang, yang dikenal sebagai yagasuri, yang melambangkan kekuatan, momentum, dan tekad. Setiap atlet yang berpartisipasi pada upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan mengenakan blazer single breasted longgar dengan kancing emas, yang juga menampilkan 301 nama juara Olimpiade Australia serta sumpah Olimpiade Australia yang disulam di lapisan saku bagian dalam.

Prancis


Sebagai tuan rumah, tim Prancis menampilkan seragam atlet yang memukau. Menggandeng merek mode mewah, Berluti, tim Prancis memperkenalkan koleksi seragam yang memadukan kenyamanan sekaligus keanggunan untuk acara pembukaan dan penutupan Olimpiade Paris 2024. Para atlet akan mengenakan kemeja putih khas Berluti dan jas berwarna biru navy dengan kerah mengkilap berwarna gradasi dari bendera Prancis.

Sementara itu, pakaian olahraga para atlet-nya dirancang oleh Stèphane Ashpool dan Le Coq Sportif. Desainnya memadukan keanggunan tradisional Prancis dengan sentuhan modern lewat rancang ulang bendera yang berwarna biru, putih, dan merah tersebut.

Inggris


Kontingen Inggris kembali menggaet Adidas untuk merancang seragam Olimpiade Paris 2024. Mengusung warna biru tua serta aksen putih dan merah, seragam ini terdiri dari jumper pendek untuk atlet perempuan yang dihiasi dengan logo negara Inggris. Terdapat set baju lengan panjang dan celana olahraga yang serasi untuk atlet laki-laki.

Setiap bagian dari koleksi seragam ini juga dilengkapi dengan union jack. Desainnya menggambarkan karakteristik khas dari Inggris Raya dan juga menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi yang dimiliki setiap atlet Inggris.

Korea Selatan


Tim Korea Selatan bekerja sama dengan Yeongwon Outdoor North Face untuk menghasilkan seragam Olimpiade Paris 2024. Desain yang mencolok terutama terlihat pada jaket, memiliki gradasi warna dari biru gelap di bagian atas hingga putih pucat di bagian bawah.

Desain ini terinspirasi dari motif Gamgwa, yang berarti air. Dilengkapi dengan simbol Yin-yang (biru/merah) dengan pola Taegeuk, serta kaligrafi khas Korea. Koleksi ini terdiri dari 23 item termasuk jersey, yang semuanya terbuat dari bahan daur ulang dan dilengkapi dengan fitur pendinginan, tahan air, dan juga ringan.

Jepang


Tim Jepang berkolaborasi dengan Asics Corp dalam merancang seragam para atlet untuk Olimpiade Paris 2024. Seragam ini didominasi oleh warna merah dan terbuat dari bahan daur ulang yang memiliki kemampuan menyerap keringat dan tahan terhadap iklim panas, sesuai dengan cuaca di Paris yang tidak menentu. Selain itu, bahan seragam tim Jepang dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang dapat menyerap cahaya inframerah, sehingga mencegah kamera inframerah menembus pakaian untuk melindungi privasi atlet.

Mizuno sebagai perusahaan peralatan olahraga Jepang, juga ikut terlibat dalam merancang seragam ini dengan fokus pada perlindungan terhadap tren voyeur (memproduksi & menyebarkan foto yang membahayakan di situs porno) yang semakin meningkat, yang mengancam keamanan dan privasi atlet. Teknologi ini dikembangkan setelah aduan dari para atlet kepada Komite Olimpiade Jepang pada tahun 2020 terkait penyebaran foto-foto mereka secara tidak sah di media sosial dengan konten seksual secara terang-terangan.

Mongolia


Seragam Olimpiade Paris 2024 milik Mongolia dirancang oleh brand fashion asal negaranya, Michel&Amazonka. Brand ini didirikan pada tahun 2015 oleh tiga perempuan bersaudara, yaitu Michel, Amazonka, dan Mukhjargal Choigaalaa. Bagi Michel&Amazonka, ini merupakan kali keduanya berturut-turut merancang seragam atlet Olimpiade. Hasilnya sangat otentik dengan memasukkan unsur-unsur budaya Mongolia.

Seragam ini nantinya akan dikenakan saat upacara pembuka Olimpiade 2024. Seragam seremonial milik Mongolia ini menampilkan simbol-simbol nasional, serta Olimpiade itu sendiri, termasuk Nine White Banners, obor olimpiade, lambang Olimpiade Paris, dan representasi matahari, bulan, serta Gua-Maral (kijang mitos Mongolia) yang semuanya disulam secara rumit dengan benang emas.

Itulah tadi deretan desain dari seragam Olimpiade Paris 2024 dari berbagai negara. Cari tahu informasi seputar fashion dan inspirasi seputar outfit lainnya di DensLife&Style.




Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat