×

L O A D I N G

Indonesia Raih 2 Medali Emas, Tonggak Bersejarah di Olimpiade Paris 2024

Lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ menggema penuh kebanggaan saat berkumandang di Olimpiade Paris 2024, usai dua atlet Indonesia berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih dua medali emas sekaligus dalam waktu kurang dari 24 jam. Dua atlet tersebut adalah Veddriq Leonardo dari cabang olahraga panjat tebing nomor speed putra dan Rizki Juniansyah dari cabang olahraga angkat besi kelas 73 kilogram.

Kedua medali emas tersebut diraih pada Kamis sore, 8 Agustus dan Jumat dini hari, 9 Agustus 2024 Waktu Indonesia Barat. Keduanya, Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah, memperlihatkan senyuman bahagia saat berdiri di panggung podium pertama Olimpiade Paris 2024 di waktu yang berbeda. Medali emas yang menggantung di leher mereka tampak berkilauan disambut riuh penonton yang seketika menggema menyambut kemenangan dua atlet yang telah membanggakan nama bangsa.

Medali emas pertama Indonesia berhasil diraih Veddriq Leonardo usai mengalahkan Wu Peng, atlet panjat tebing asal Tiongkok dengan catatan waktu 4,75 detik, sementara lawannya 4,77 detik. Pertandingan ini berlangsung di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Prancis.

Kurang dari 12 jam setelah prestasi gemilang Veddriq, lifter Rizki Juniansyah juga membuat lagu “Indonesia Raya” berkumandang di Paris. Rizki meraih medali emas di angkat besi nomor 73 kilogram, mengakhiri dominasi Shi Zhiyong dari China yang telah memenangkan emas dalam dua Olimpiade sebelumnya.

Jumlah dua medali emas yang diraih, masing-masing menambah koleksi perunggu yang sebelumnya disumbangkan Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulu tangkis. Dengan demikian, hingga Jumat, Indonesia telah berhasil mengoleksi 3 medali dengan rincian 2 medali emas dan 1 medali perunggu.

Usai perolehan medali ini, Kontingen Indonesia berhasil melejit dari posisi ke-72 menjadi ke-28 di klasemen perolehan medali Olimpiade Paris 2024 pada Jumat, 9 Agustus 2024. Puncak klasemen dipegang Amerika Serikat (AS) dengan perolehan 30 emas, 38 perak, dan 35 perunggu.

Untuk lingkup Asia Tenggara, posisi Indonesia masih di bawah Filipina yang berada di peringkat 26 dengan perolehan 2 emas dan 2 perunggu. Thailand berada di posis ke-32 dengan 3 medali perak, sisanya 1 emas dan 2 perunggu.

Keberhasilan Indonesia membawa pulang dua emas sekaligus dalam satu ajang Olimpiade merupakan yang pertama sejak 32 tahun lalu pada ajang Olimpiade 1992 di Barcelona.

Terus dukung atlet-atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dan Ikuti informasi hiburan lainnya seperti film, musik dan selebriti di DensShowBiz



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat