×

L O A D I N G

Pandangan Ernest Prakasa Soal Industri Perfilman Indonesia

Industri perfilman Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dilihat dari antusiasme jumlah penonton yang semakin meningkat. Hal ini menandai era baru dalam sejarah perfilman nasional. Pernyataan tersebut juga sejalan dengan pandangan produser, sutradara sekaligus komika, Ernest Prakasa tentang keadaan industri perfilman Indonesia saat ini.

“Grafik industri perfilman Indonesia sejak pandemi memang naik terus dan sudah dipastikan bahwa di tahun 2024 ini akan membuat rekor baru lagi,” ujar Ernest Prakasa dalam talkshow nya di Mora Show by Ruang Sinema.

Pada tahun 2022, industri perfilman Indonesia bangkit kembali setelah pandemi Covid-19, ditandai dengan peningkatan produksi film dan antusiasme penonton. Kemudian pada tahun 2023, menjadi masa puncak dari kebangkitan perfilman di Tanah Air. Produksi dan industri perfilman di Indonesia semakin berjaya di level nasional sekaligus mampu unjuk gigi di kancah Internasional.

Direktorat perfilman Kemendikbud mencatat setidaknya ada 50 judul film Indonesia ditampilkan di 24 festival film internasional di 18 negara, termasuk Festival Film Cannes, Bucheon International Fantastic Film Festival, Busan International Film Festival (Korea Selatan) 2024 dan Udine Far East Film Festival (Italia).

Selain itu, Ernest Prakasa juga menanggapi perihal penonton film Indonesia. Menurut Ernest, penonton Indonesia saat ini sudah lebih aware dengan kualitas film yang akan ditonton. Terdapat standar yang meningkat dari mereka. ”Penonton Indonesia sekarang ini lihat trailer aja udah tau bagaimana kualitas film loh, mereka udah lebih pinter sekarang,” jelas Ernest.

Hal ini juga menjadi timbal balik yang positif dengan para produser dan pembuat film. Jadi, ketika penonton bisa memilah film mana yang bagus, produser juga akan berinvestasi lebih untuk menjadikan sebuah film produksinya berkualitas. Ini juga secara tidak langsung akan mengubah mindset produser dan menjadi suatu hal yang positif untuk industri film Indonesia kedepannya.

Jangan lupa saksikan obrolan seputar film bersama Ernest Prakasa di “Mora Show by Ruang Sinema : 2 Peran, 1 Cerita : Ernest Prakasa Ungkap Kunci Sukses Kolaborasi Filmnya”! yang sudah tersedia dalam bentuk Video on Demand di Dens Go dan Dens.TV. Nonton VOD nya di sini



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat