×

L O A D I N G

Chef I Kadek Sumiarta Wakili Indonesia di Kompetisi Kuliner Dunia

I Kadek Sumiarta, seorang chef muda asal Bali telah berhasil meraih prestasi gemilang dalam dunia kuliner. Setelah dinobatkan menjadi pemenang kompetisi Jeunes Talents Escoffier di Indonesia pada Mei 2022 dan di tingkat Asia Pasifik pada November 2022. Kini, chef I Kadek Sumiarta akan menjadi perwakilan Indonesia dan Asia Pasifik untuk berlaga di babak final Jeunes Talents Escoffier yang akan diadakan di Paris, pada bulan November mendatang.

Jeunes Talents Escoffier, atau Young Talents Chef Competition merupakan kompetisi kuliner kelas dunia yang ditujukan bagi chef muda berusia di bawah 25 tahun untuk menunjukkan keterampilan, kreativitas, dan kecintaan mereka terhadap seni kuliner dan gastronomi. Kompetisi bergengsi ini diselenggarakan oleh Asosiasi Disciples Escoffier International (DEI), organisasi yang didirikan pada tahun 1954 untuk menghormati Auguste Escoffier, seorang tokoh legendaris dalam dunia kuliner dan fine dining.

Saat ini, I Kadek Sumiarta tengah mempersiapkan dirinya untuk menghadapi tantangan dalam kompetisi tersebut. Persiapannya untuk Jeunes Talents Escoffier, termasuk menciptakan masakan Prancis klasik dengan memadukan bahan-bahan lokal Indonesia dalam kreasinya. I Kadek Sumiarta tidak menyebutkan secara spesifik bahan lokal seperti apa yang akan ia padukan, yang jelas saat ini dirinya masih dalam masa percobaan untuk mencari bahan-bahan lokal yang cocok.

Selama periode persiapan, I Kadek Sumiarta terus dilatih oleh para ahli untuk mengolah bahan makanan sesuai dengan standar kompetisi, terutama dalam teknik-teknik kuliner yang menjadi fokus utamanya.

Dalam kesempatan ini, ia mendapatkan bimbingan langsung dari chef Jean-Yves Leuranguer, seorang Meilleur Ouvrier de France (MOF) salah satu peraih penghargaan tertinggi bagi pakar kuliner Prancis, dan chef Ho Weng Kit, seorang chef ternama yang telah meraih lebih dari 30 penghargaan bergengsi di Asia dan Eropa.

Sebagai seorang chef yang bekerja di The Apurva Kempinski Bali, I Kadek Sumiarta telah mengembangkan minat awalnya dalam dunia kuliner sejak ia melihat sepupunya berkreasi di dapur. Dirinya juga mengaku telah memiliki minat tinggi terhadap dunia memasak khususnya terhadap kuliner pusaka dari Bali sejak lama.

Dapatkan info seputar makanan, resep dan hidangan lainnya di Dens Food Channel.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat