×

L O A D I N G

Indonesia Kita Ke-42 Pentaskan Si Manis Jembatan Merah Bertema Nasionalisme

Indonesia Kita kembali menggelar pementasan ke-42 nya dengan mengangkat tema nasionalisme. Membawakan sebuah judul yang akan menyajikan cerita horor, lakon kali ini ditulis oleh Agus Noor dan Joind Bayuwinanda dengan tajuk “Si Manis Jembatan Merah”. Pertunjukan yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini akan digelar di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki pada 27 dan 28 September 2024.

Mengisahkan keberadaan sebuah jembatan di suatu kota yang memiliki nilai sejarah penting bagi penduduk sekitar, cerita Si Manis Jembatan Merah akan menggiring para penonton untuk melihat kembali sejarah serta melakukan refleksi terhadap perjalanan sebagai bangsa. Pertunjukan ini akan menampilkan sederet aktor dan aktris, termasuk Cak Lontong, Abdel Achrian, Butet Kartaredjasa, Inaya Wahid, Akbar Kober, Sha Ine Febriyanti, Bude Sumiarsih, Marwoto, Susilo Nugroho, Joened, dan Wisben.

Agus Noor selaku penulis naskah dan sutradara, menyatakan bahwa lakon ini memang sengaja mengambil mitos bernuansa horor tentang penunggu sebuah jembatan untuk mengajak penonton memahami makna di balik kisah yang dipertunjukkan.

“Jembatan Merah ini adalah sebuah simbol dari sebuah monumen yang menandai perjuangan rakyat dalam mencapai kemerdekaannya. Di balik tengara (landmark) jembatan ini, ada kisah-kisah di masa lalu yang dinamakan sejarah. Saya rasa saat ini, kita sedikit demi sedikit, secara tidak sadar mulai melupakan atau terlupa akan sejarah republik ini. Bukannya tanpa alasan jika kehadiran sosok si manis yang menangisi jembatan merah ini, adalah perasaan yang tak tersampaikan dan terungkap dari mereka yang telah menyiapkan kehidupan yang kita jalani saat ini” ujar Agus Noor.

Rasa syukur dan terima kasih turut disampaikan oleh Butet Kertaredjasa selaku salah satu pendiri Indonesia Kita, atas dukungan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap pementasan ke-42 nya. Menurut Butet, perjalanan Indonesia Kita telah begitu lama dalam menumbuhkan dan memperkuat rasa nasionalisme bagi para publik seni pertunjukan tanah air melalui pementasan-pementasan yang dibuat. Tentu saja pekerjaan ini tidak bisa dikatakan selesai, dari waktu ke waktu, tim Indonesia Kita akan terus menyuguhkan lakon-lakon yang terus mengingatkan publik untuk tidak pernah lelah mencintai Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pembelian tiket, kamu bisa mengunjungi situs resmi Kayan Production di www.kayan.co.id.


Lokasi



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat