×

L O A D I N G

Deretan Selebriti Pakai Batik & Kenalkan ke Dunia, Ada Ishowspeed!

Batik menjadi kebudayaan Indonesia yang kaya akan makna, filosofi dan sejarah. Sejak tahun 2009, batik sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Keberadaan batik layak diakui secara global karena simbolisme dan keterkaitannya yang kuat dengan kebudayaan Indonesia.

Menyambut perayaan hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, sebagai warga negara Indonesia pastinya kita semakin bangga dengan keberadaan batik yang semakin mendunia dan menjadi kebanggaan serta identitas Indonesia. Popularitas batik di bidang fashion dunia semakin meningkat, ditambah melihat deretan selebriti baik dari luar maupun dalam negeri yang kerap menggunakan batik. Simak deretan selebriti yang mengenakan batik dan memperkenalkannya ke seluruh penjuru dunia!

Enzy Storia & Cinta Laura


Enzy Storia dan Cinta Laura memanfaatkan momen Paris Fashion Week 2024 untuk memperkenalkan wastra Indonesia ke dunia. Dalam kesempatan itu, mereka nampak mengenakan gaun batik bermodel glamor. Diundang untuk menghadiri gala dinner sebelum tampil di catwalk Le Defille L’Oreal Paris, Cinta Laura dan Enzy Storia kompak memakai gaun batik bernuansa cokelat-emas. Gaun batik tersebut merupakan rancangan desainer Indonesia, Ansoe, yang dikreasikan bergaya modern namun tetap kental dengan unsur tradisional.

Cinta Laura mengenakan gaun asimetris dengan motif batik Solo yang dominan dengan palet cokelat. Sedangkan Enzy Storia tampak mengenakan atasan korset batik berpadu selendang lengan balon bermaterial satin yang memberikan sentuhan mewah pada penampilannya.

IShowSpeed


Baru-baru ini, batik menjadi sorotan dunia setelah digunakan oleh YouTuber asal Amerika Serikat, IShowSpeed, saat kunjungannya ke Indonesia. IShowSpeed menggunakan batik khas Indonesia bermotif Manchester United, klub idolanya, saat melakukan siaran langsung di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat. Untuk melengkapi menampilannya saat menggunakan batik, IShowSpeed memakai jersey Timnas Indonesia bewarna merah sebagai baju bagian dalamnya.

Momen serupa terkait batik juga terjadi saat IShowSpeed mengunjungi Malaysia, di mana seorang penggemar memberinya batik dan menyebut batik sebagai pakaian tradisional asal Malaysia. Ia pun langsung memakainya. Namun, banyak netizen Indonesia yang mengoreksi, mengatakan bahwa batik berasal dari Indonesia. IShowSpeed pun penasaran dan mencari tahu di Google, hingga akhirnya ia terkejut mengetahui bahwa batik sebenarnya berasal dari Indonesia.

Maudy Ayunda


Maudy Ayunda kerap menggunakan batik untuk acara-acara pentingnya di luar negeri, termasuk saat momen wisuda S2 nya di Stanford University, Amerika Serikat. Maudy mengenakan kebaya merah menyala dan kain batik tulis sebagai bawahannya.

Batik yang dikenakan Maudy adalah jenis batik Babon Angrem yang merupakan salah satu motif batik semenan. Nama Babon Angrem sendiri berarti induk ayam yang sedang mengerami telurnya, sehingga batik ini memiliki makna doa dan harapan penuh sayang. Selain Maudy, anggota keluarga lainnya juga mengenakan busana tradisional Indonesia, yaitu kebaya dan batik, yang dirancang oleh Didiet Maulana.

Jerome Polin


Influencer Jerome Polin mewujudkan impian nya untuk mengenakan batik di Times Square, New York, Amerika Serikat. Jerome bersama grupnya, Waseda Boys tampil dengan gaya terbaik mengenakan atasan batik dari salah satu merek busana batik ternama asal Indonesia.

Waseda Boys yang terdiri dari Jerome Polin, Yusuke Sakazaki, Ryoma Otsuka dan Tomohiro Yamashita tampak tersenyum sumringah saat berfoto dengan batik. Dengan bangga, mereka memperkenalkan batik asal Indonesia yang dinobatkan sebagai warisan budaya dunia itu di tengah keramaian Times Square, tempat ikonik yang merupakan jantung kota New York.

Itu tadi deretan selebriti yang dengan bangga memakai batik dan memperkenalkan batik ke dunia. Saksikan tayangan seputar sejarah, fakta, serta jenis-jenis batik yang ada di Indonesia di DensKnowLedge. Cari tahu juga informasi seputar fashion dan inspirasi outfit lainnya di DensLife&Style.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat