×

L O A D I N G

3 Jenis Ramen Yang Populer di Indonesia, Wajib Coba!

Kuliner Jepang kini semakin digandrungi di Indonesia, dan salah satu hidangan yang paling digemari adalah ramen. Hidangan mie berkuah ini tidak hanya terkenal di Jepang, tetapi juga telah menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia, terutama Indonesia. Dengan kaldu yang kaya rasa, mie kenyal, topping daging serta telur setengah matang, ramen berhasil memikat selera banyak orang Indonesia. Simak 3 jenis ramen populer di Indonesia yang wajib kamu coba!

Ramen Tori Paitan


Ramen tori paitan menjadi salah satu jenis ramen yang paling digemari di Indonesia. Dalam istilahnya, "tori" berarti ayam, sementara "paitan" merujuk pada sup lembut berwarna putih. Hidangan ini memiliki ciri khas kuah kental berwarna putih keruh yang terbuat dari kaldu ayam yang dimasak lama, memberikan aroma ayam yang kuat dan cita rasa gurih yang sangat menggoda.

Biasanya, ramen tori paitan disajikan dengan beragam topping, seperti irisan daging ayam, daun bawang, nori, dan ajitama, yaitu telur rebus setengah matang khas Jepang. Ramen ini menjadi pilihan tepat, terutama bagi kamu yang mencari hidangan halal.

Ramen Shoyu


Dalam bahasa Jepang, kata "shoyu" berarti kecap asin. Jadi ramen shoyu adalah hidangan ramen dengan kuah berbahan dasar kecap asin. Kuah ramen shoyu berwarna cokelat bening dengan sedikit keruh. Ramen ini memiliki rasa umami yang tinggi, atau dikenal sebagai rasa gurih jika di Indonesia. Kombinasi kecap asin Jepang dengan kaldu daging menciptakan kuah yang jernih dan aromatik, memberikan sensasi segar saat dinikmati.

Diperkenalkan pada tahun 1910 di gerai Rairaiken, Asakusa, ramen shoyu kini tersedia di berbagai restoran di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak orang menyukai ramen ini karena perpaduan mie, kaldu, dan berbagai topping yang menggugah selera. Taburan nori atau biji wijen seringkali ditambahkan untuk menambah cita rasa.

Ramen Miso


Ramen miso adalah jenis ramen khas Jepang yang memiliki kuah berbumbu miso. Miso sendiri merupakan bumbu khas Jepang yang terbuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, dan garam yang dimasak hingga matang. Miso memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis. Bumbu ini memiliki rasa gurih dengan sedikit sentuhan manis. Jika dibandingkan dengan jenis ramen lainnya, miso ramen memiliki kuah yang lebih pekat dan kental serta cita rasa yang nikmat.

Semangkuk ramen miso biasanya dilengkapi dengan irisan daging ayam atau babi, jagung, daun bawang, rumput laut, dan wijen untuk menambahkan tekstur dan cita rasa agar semakin lezat saat disantap. Ramen ini berasal dari prefektur Hokkaido di Jepang.

Itulah tadi 3 jenis ramen populer di Indonesia yang wajib kamu coba. Saksikan juga tayangan terbaru seputar ramen bersama Chef Azhari yang akan mengeksplorasi variasi ramen dari tradisional hingga modern, tips memasak dan membagikan rahasia kelezatan ramen yang autentik, di “Ramen(In)” setiap Minggu, pukul 19.00 WIB di Dens Food Channel.



Share this article

Rate this article



Rekomendasi Artikel Lainnya

Live Chat